BANGGA MENJADI ORANG INDONESIA

Yaps…sesuai judulnya mimin kali ini akan membahas tentang rasa bangga terhadap Indonesia…dan kenapa kita harus bangga terhadap Tanah Air Tercinta kita…

 

Indonesia…

peta-indonesia1-1024x635

Berdasarkan sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Dunia dengan jumlah kepulauan yang mencapai 13.466 pulau, dan merupakan salah satu negara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa.  Indonesia memiliki luas wilayah seluas 1,904,569 km2 dengan 4,85% perairan. Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang berada diantara Benua Asia dan Australia serta Samudera Hindia dan Pasifik. dengan jumlah penduduk terbanyak ke 4 di dunia yaitu sekitar 258.316.051 jiwa.

Dikarenakan letak geografisnya, Indonesia menjadi negara yang memiliki banyak kekayaan-kekayaan alam, dari mulai hasil laut, kebun, bahkan tambang. Indonesia merupakan pusat rempah-rempah dunia, tambang emas kualitas terbaik didunia, batu bara, gas alam, kekayaan laut, dan masih banyak kekayaan-kekayaan alam lainnya.

Indonesia juga merupakan negara yang memiliki banyak keragaman budaya, keberagaman suku, dan adat istiadat. Banyak Kebudayaan-kebudayaan Indonesia yang sudah mendunia contohnnya seperti Wayang, Angklung, Batik,  Tari Saman yang sudah mendunia, dan kebudayaan lainnya.

Kita sebagai Warna Negara patut bangga dengan kekayaan-kekayaan yang kita miliki, oleh sebab itu menjadi tugas kita juga untuk melestarikan kekayaan alam, kebudayaan, dan ciri khas Indonesia. Kita sebagai warga Indonesia harus bisa menjunjung tinggi rasa nasionalisme, bangga terhadap kebudayaan lokal, kekayaan alam, dan produk lokal yang kita miliki, kita harus ikut berperan serta dalam melestarikan kekayaan-kekayaan yang kita miliki dan harus bangga menjadi warga Indonesia.

Selain itu pula, Indonesia tidak kalah ikut berpartisipasi dalam ajang kompetisi dunia, banyak pemuda-pemuda Indonesia yang memiliki semangat nasionalisme yang tinggi, membawa dan mengharumkan nama Indonesia di berbagai tempat, seperti :

Aditya Bagus Arfan, Juara Catur Se ASEAN dan peraih gelar Asian Master

img-20161205-061645_1

Juara International Physics Olympiad (IPhO) ke-47 di Zurich

ipho-2016-di-indonesiaproud-wordpress-com

Alva Jonathan Juara Kompetisi Galax Overclocking Carnival (GOC)

Alva Jonathan Juara Overclock Dunia 2016

Joey Alexander, Peraih Grand Prix 1st International Festival Contest of Jazz Improvisation Skill

maxresdefault

Rio Haryanto Pembalap Indonesia di Formula1

O9T0856

Juara Ganda Campuran Indonesia Open 2017 Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir

1740605553

Mereka adalah tokoh-tokoh yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di dunia, dengan prestasi-prestasi yang mereka raih yang dapat menjadi contoh dan panutan untuk semangat dalam berjuang dan mengharumkan nama bangsa.

Jika mereka bisa…mengapa kita tidak?…

Di era globalisasi sekarang banyak sekali tantangan-tantangan yang dihadapi dari masuknya budaya-budaya asing yang berpotensi melunturkan semangat dan jiwa nasionalisme pemuda-pemuda Indonesia, seperti budaya kebarat-baratan, budaya Jejepengan, Korea-koreaan, dan budaya lainnya. Banyak pemuda-pemuda Indonesia sekarang yang lebih marah apalabia negara idamannya dihina ketimbang negaranya sendiri, mereka cenderung lebih berpikir membela negara idamannya dan menjatuhkan Indonesia. Banyak juga yang lebih membanggakan karya-karya dari budaya asing daripada budaya sendiri, mereka cenderung menganggap remeh karya-karya anak bangsa, seperti dalam dunia per animasian, kebanyakan pemuda-pemuda sekarang lebih bangga dengan Anime ketimbang kartun lokal karya anak bangsa, ini merupakan salah satu dampak negatif masuknya budaya asing terhadap generasi-generasi muda bangsa Indonesia di era globalisasi sekarang.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal itu terjadi, misalkan diarjakan untuk belajar mencintai produk lokal sejak dini, mengawasi tontonan-tontonan media yang bersifat liberal seperti sinetron ataupun kartun-kartun yang kurang mendidik, melakukan pendekatan lebih terhadap budaya-budaya dan produk-produk yang dimiliki indonesia lewat seminar atau event event besar, dan pendidikan moral yang baik sejak dini, dan masih banyak metode-metode lainnya. Hal-hal tersebut penting untuk kita pahami agar generasi muda bangsa Indonesia kelak tidak menjadi generasi yang  kurang produktif dan kehilangan semangat nasionalismenya.

 

Semoga dengan ini kita semua bisa saling bercermin tentang seberapa tinggi kah jiwa nasionalisme kita, seberapa bangga kah kita terhadap negara kita Indonesia, karena jika bukan kita seiapa lagi yang akan menjunjung tinggi dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia.

sekian dari mimin, apabila viewers punya pendapat silahkan sertakan di komen ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s